Peralatan Yang Harus Disediakan Penyedia Lapangan Futsal


Kontraktor Futsal - Sejak kemunculannya di tahun 1930-an, futsal semakin hari kian diminati oleh masyarakat banyak, termasuk pula warga Indonesia. 

Hal ini tentu membuka ceruk peluang bisnis untuk mendatangkan keuntungan. Yaitu memfasilitasi minat tinggi masyarakat dengan menyediakan penyewaan lapangan futsal.

Untuk mendatangkan laba, bisnis seharusnya didukung oleh beberapa hal. Misalnya penentuan harga yang tepat, promosi dan penjualan yang mumpuni, dan yang paling penting adalah penyediaan fasilitas lapangan yang ideal.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa saja peralatan yang harus disediakan oleh penyedia lapangan futsal. Di samping itu, tulisan ini juga akan membahas kisaran harga dari beragam alat-alat tersebut.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu Anda mengukur, seberapa besar modal yang harus Anda keluarkan dalam mengembangkan bisnis lapangan futsal, khususnya dalam konteks penyediaan alat-alatnya. Yuk simak bahasan berikut ini!


Kenapa Penyediaan Alat Futsal Ideal Sangat Penting?

Saat membuka bisnis lapangan futsal, sudah sepantasnya penyedia lapangan memfasilitasi para pemain dengan peralatan yang ideal dan lengkap. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan, sebab kenyamanan pemain atau konsumen Anda sangat berkaitan erat dengan alat-alat yang Anda sediakan.

Dari sisi bisnis, kenyamanan konsumen akan berpotensi mendatangkan repeat order (pemesanan kembali). Bisa dibayangkan jika Anda menyediakan alat-alat yang lengkap dan ideal di lapangan Anda. Ini tentu akan memberikan konsumen pengalaman baik sehingga akan kembali menyewa di tempat Anda. 

Begitu pula sebaliknya, jika bisnis Anda tidak menyediakan alat-alat futsal dengan baik dan lengkap, maka potensi kehilangan konsumen akan semakin besar.


Alat-Alat Yang Harus Disediakan Penyedia Lapangan Futsal

Adapun alat-alat yang seharusnya disediakan pebisnis lapangan futsal adalah sebagai berikut:

1. Bola Futsal

Bola adalah elemen yang paling penting dalam olahraga futsal. Bisa dikatakan jika boleh tidak ada, maka futsal tidak akan berjalan. Untuk itu Anda wajib menyediakannya. Tidak hanya satu, namun beberapa sebagai pengganti apabila saat permainan, bola mengalami kerusakan.

Bola yang ideal untuk permainan futsal adalah bola yang memberikan nilai estetika dari warna. Di satu sisi pula, memberikan sisi fungsional yang baik untuk para pemain.

Warna bola yang tepat untuk lapangan futsal

Untuk estetikanya, Anda dapat memilih bola dengan warna yang menarik. Misalnya putih, kuning neon, atau oranye cerah.

Perlu diperhatikan di sini, warna bola yang Anda pilih tidak boleh sama dengan warna lapangan Anda. Misalnya lapangan Anda menggunakan interlock dengan warna biru, Anda dapat memilih bola yang berwarna merah. Ini bertujuan agar pemain dapat dengan jelas melihat arah laju bola.

Spesifikasi bola futsal yang ideal

Selain warna, Anda juga perlu mempertimbangkan spesifikasi agar bola dapat melaju dengan baik.

Sesuai dengan regulasi FIFA dalam Futsal Laws Of The Game 2023-24, bola futsal yang adalah bola yang memiliki spesifikasi berikut:

  • Berbentuk bulat

  • Terbuat dari material yang baik (kulit atau sintetis)

  • Besaran lingkar antara 62-64cm

  • Berat antara 400-440g di awal pertandingan

  • Tingkat tekanan di angka 0.6-0.9atm (600-900g/cm2)

Sebagai tambahan, bola yang ideal menurut FIFA adalah bola yang memantul di tinggi 50-60cm jika dijatuhkan dari ketinggian 2m di pantulan pertamanya. 

2. Gawang futsal

Elemen lain yang harus ada di lapangan futsal adalah gawang. Gawang futsal dibuat untuk menentukan kemenangan. Tim yang memasukkan bola ke dalam gawang akan mendapatkan 1 skor. Pemenang akan ditentukan dari banyaknya perolehan skor.

Meskipun penyewa lapangan futsal kerap bermain fun, tidak dapat dipungkiri bahwa objektif utama dari permainan ini adalah kemenangan. Untuk itu, Anda tidak dapat menyepelekan keberadaan gawang futsal. 

Utamakanlah penggunaan gawang futsal yang berfungsi ideal. Gawang yang berdiri kokoh agar dapat menahan laju bola dari tendangan pemain. Ini bertujuan untuk menghindarkan kerusakan gawang saat permainan berlangsung.

Baca Juga: Cara Merawat Gawang Futsal Agar Tidak Mudah Keropos

Pemasangan Tiang Gawang Futsal Yang Baik

Adapun pemasangan gawang futsal yang baik sesuai dengan regulasi FIFA adalah sebagai berikut:

  • Antar tiang berbentuk sama (bisa berbentuk: persegi, persegi panjang, bulat, elips)

  • Ketebalan tiang adalah 0.8m.

  • Jarak antar tiang adalah 3m.

  • Jarak antar tepi tiang ke lapangan adalah 2 m

  • Jaring dan penopang tiang gawang utama dipasang dibelakang

  • Warna tiang tidak sama dengan warna lapangan.

3. Lampu Penerangan

Para pebisnis futsal kerap membuat lapangan futsal dengan model indoor. Ini bertujuan untuk melindungi alat-alat futsal dari kerusakan akibat perubahan cuaca.

Namun, kekurangan dari pembangunan lapangan futsal model indoor adalah pencahayaan. Oleh karenanya, lampu penerangan dalam konteks ini sangat dibutuhkan.

Pun di satu sisi, lapangan outdoor juga tidak dapat lepas dari kebutuhannya akan lampu penerangan. Sebab futsal kerap dilangsung di malam hari. Tentu, penerangan sangat dibutuhkan dalam kondisi demikian.

Perlu diketahui, antara lapangan outdoor dan indoor, intensitas cahaya yang dibutuhkan masing-masing lapangan berbeda antar satu sama lain. Jadi, tiap lapangan berpotensi untuk mendapat treatment lampu yang berbeda.

Lampu Penerangan Untuk Lapangan Outdoor

Berdasarkan rekomendasi toplightleds.com, pemasangan lampu penerangan untuk lapangan futsal outdoor dapat dilakukan memasang tiang baja Q235 berkualitas tinggi. Dapat dilakukan dengan dua opsi; 6 atau 8 tiang.

Di masing-masing tiang, terpasang dua lampu sorot 250-1250W.

6 tiang lampu futsal

8 Tiang Lampu Futsal

Lampu Penerangan Untuk Lapangan Indoor

Adapun mengenai lapangan Indoor, toplightleds.com merekomendasikan untuk menggantungkan lampu di atas lapangan sebanyak 28 buah. Masing-masing lampu setidaknya memiliki daya 80-240W.

Lampu Penerangan Untuk Lapangan Indoor

4. Papan Skor

Sebagaimana yang dikatakan sebelumnya, skor merupakan hal yang sangat penting dalam permainan futsal. Terkadang para pemain mengingat-ngikat skor yang telah mereka torehkan jika penyedia lapangan tidak menyediakan papan skor. Ini tentu sangat merepotkan.

Demi memfasilitasi hal tersebut, pihak penyedia perlu memberikan kenyamanan kepada pemain berupa papan skor.

Di zaman ini, papan skor yang kerap digunakan adalah papan skor digital. Digantung luar lapangan di posisi tengah, dan dikontrol penggunaannya oleh Admin berdasarkan jumlah skor.

5. Jaring futsal

Jaring futsal berfungsi untuk menahan pergerakan bola agar tetap berada di dalam lapangan. Biasanya dipasang di sudut luar lapangan. 

Meski pemasangannnya tergolong opsional, adanya jaring futsal akan meningkatkan kenyamanan para pemain. 

Kekurangan dari tidak adanya jaring di lapangan futsal adalah membuat pemain lelah jika harus mengambil bola yang terus-terusan keluar.


Harga Peralatan Futsal

Sebagai pebisnis, tentu sangat penting untuk mengetahui harga dari alat-alat di atas. Sebab, penentuan budget modal akan sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis.

Berikut harga alat-alat futsal yang disediakan oleh Kontraktor Futsal:


NAMA ALAT JUMLAH ITEM HARGA
Bola Futsal 1 Rp.50.000
Gawang Futsal 2 Rp.2.5000.000
Lampu Penerangan 1 Rp.900.000
Tiang Lampu 1 Rp.450.000
Jaring Futsal (Include Lantai Vinyl) 1 Set Rp.170.000.000
Jaring Futsal (Include Rumput Sintetis) 1 Set Rp.150.000.000

Baca Juga: Modal Membuat Lapangan Futsal

Kontraktor Futsal: Penyedia Alat-Alat Futsal Terlengkap

Kami, kontraktor futsal adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan berbagai macam alat-alat futsal. Kami juga perusahaan yang menyediakan jasa pembangunan dan renovasi lapangan futsal, dengan pengerjaan yang cepat.

Untuk mendapatkan alat-alat di atas, Anda dapat menghubungi kami melalui WA kami di sini.

Lengkapi lapangan futsal Anda dengan alat-alat berkelas dan berkualitas tinggi dari kami. Berikan kenyamanan untuk konsumen Anda, dan raih income dari investasi lapangan futsal Anda!


Sumber tulisan:

uefa.com: What is futsal? A beginner's guide

the-afc.com: Futsal Laws of the Game 2023-24

toplightleds.com: How Many Lights Do You Need To Light Your Futsal Field?-Futsal Field Lighting

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *